Malware adalah perangkat perusak berasal dari kata malicious dan software adalah perangkat lunak yang di ciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer, peladen atau jejaring komputer tanpa izin dari pemilik. Istilah ini adalah istilah umum yang di pakai oleh pakar komputer untuk mengartikan berbagai macam perangkat lunak atau kode perangkat lunak yang mengganggu atau mengusik. Istilah ‘virus komputer’ terkadang di pakai sebagai frasa pemikat untuk mencakup semua jenis perangkat perusak, terrmasuk virus murni.

picture-5

Perangkat lunak di anggap sebagai perangkat perusak berdasarkan maksud yang terlihat dari pencipta dan bukan berdasarkan ciri-ciri tertentu. Perangkat perusak mencakup virus komputer, cacing komputer, kuda troyan (Trojan Horse), perangkat penginta i(spyware), perangkat iklan (adware) dan perangkat lunak lain nya yang berniat jahat dan tidak di inginkan.

Indikasi Malware :

Beberapa faktor sehingga dapat di simpulkan bahwa telah terinstal malware pada komputer kita adalah :

  • Browser homepage terus berubah.
  • Iklan pop-up muncul setelah browser di tutup.
  • Muncul ikon aneh pada desktop.
  • Lampu komputer berkedip (mengartikan komputer dalam proses mengolah informasi) pada waktu yang tidak biasa atau tak terduga. Hal ini sulit untuk di amati dengan broadband karena tidak ada perbedaan visual antara data yang masuk dan keluar.
  • Pengaturan browser berubah, termasuk default Web saat awal browser di buka.
  • File upload atau download terjadi tanpa izin pengguns.

Anda mengunjungi halaman Web yang terinfeksi (di situs orang lain, bukan situs anda sendiri) yang banyak virus ke komputer pribadi anda. Memeriksa virus komputer anda untuk melihat apakah anda menggunakan program FTP umum, dan apakah anda telah mengatakan program-program tersebut untuk menyimpan username dan password anda. Mengirimkan nama pengguna dan sandi ke server yang di kendpicture-6alikan oleh ‘hacker’.

Para hacker membuat koneksi FTP otomatis ke server kami dan mendownload file HTML atau PHP yang mereka temukan. Mereka memodifikasi file-file untuk menambahkan kode HTML yang menyebar virus, kemudian meng-upload file yang berubah kembali ke server kami. Situs anda mulai menyebarkan virus ke korban baru.

Dalam beberapa hari, situs anda akan di tandai sebagai “Situs ini mungkin berbahaya bagi komputer anda” di Google, menyebabkan jumlah pengunjung menurun secara dramatis. Kejadian di atas tidak pernah anda sadari dan ketika google melakukan crawler ke websites anda akan menemukan script walware dari websites anda yang terinfeksi.virus-malware.jpg

Akibat nya google akan memblokir sites anda sehingga pengunjung akan di suguhi tampilan warning. Selain itu firefox yang menggunakan API dari stopbadware.org juga akan ikut-ikutan memblokir sites anda.

Sumber : https://securingthehuman.sans.org

If you have the winning cards, why cheat ?